Cari Blog Ini

Kutbah Idul Adha Tahun Pelajaran 2010/2012



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. الله اكبرx3  كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا. لا اله الا الله والله اكبر ولله الحمد. الحمد لله وحده صدق وعده ونصر عبده وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده, أشهد ان لا اله الا الله واشهد ان محمدا رسول الله – اللهم صل وسلم على محمد وعلى اله واصحابه اجمعين
اما بعده ..... معا شر المسلمين رحمكم الله اتقوالله وكونوا مع الصادقين. الله اكبر 2 لا اله الا الله الله اكبر 3 ولله الحمد. الله اكبر 3 ولله الحمد.
Kaum Muslimin keluarga besar SMK FARMING dalam Jamaah Idul Adha yang berbahagia.
Di hari yang penuh kebahagian dan berkah ini kita umat islam di sebagian pelosok Dunia khusunya di SMK farming manyatukan niat yaitu beribadah kepada Allah dengan melaksanakan jama'ah sholat sunah Idul Adha disamping itu kita akan berusaha mengambil pelajaran dan hikmah  Idul Adha.
Kaum Muslimin jamaa'h idul Adha yang berbahagia, sudah serimg kali kita umat islam Indonesia menghadai perayaan hari raya yang berbeda hari, antara satu dengan yang lainnya yang mana perbedaan ini tidak akan pernah kita dapatkan di negara islam manapun di asia tenggara ini, atau mungkin dinegara Negara islam dibelahan bumi lainya missal asia tengah atau bahkan di Negara Negara islam benua afrika sekalipun, kita tidak akan pernah menemukan perbedaan dalam merayakan hari raya. Inilah keistimewaan umat islam Indonesia, dan bisa juga ini merupakan suatu keprihatinan. Dikatakan keistimewaan apabila perbedaan perayaan hari raya ini mendatangkan rohmat ( nilai tertinggi dari adanya perbedaan ) dikatan keprihatianan apabila perbedaan ini melahirkan perpecahan atau permusuhan antara umat islam itu sendiri. Marilah kita bersama jadikan perbedaan ini sebagai rohmat sabda Nabi اختلف امتي رخمة  artinya perbedaan anatra umatku adalah rohmat.
  
Sholawat serta salam semoga tetap berlimpah kepada beliau junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang sangat kita yakini akan kebanaran risalahnya yaitu ajaran islam.
الله اكبر 3 ولله الحمد
Kaum muslimin zama'ah idul adha yang berbahagia.
Bila kita pahami Secara etimologi Qurban mengandung arti pendekatan  suatu bentuk pdkt (bahasa gaulnya)  pendekatan kita kepada tuhan, dengan mengorbankan beberapa persembahan berupa hewan ternak ( Unta. Sapi. kerbau atau kambing ) untuk mendekatkan pelakunya semakin dekat dengan Allah.
Ritual kurban sebenarnya sudah dilakukan sejak nabi adam as yaitu qurban yang dilakukan oleh kedua putranya habil dan qobil  ketika itu terjadi perebutan antara kakak beradik itu dalam hal jodoh.
Kisah tetantang pengorbanan habil dan qobil diabadikan Allah dalam firmannya yang berbunyi :
واتل عليهم نبا ابني ادم بالحق اذقربانا فتقبل من احدهما ولم يتقبل من الأخر قال لاقتلنك انما يتقبل الله من المتقين
Artinya dan ceritakanlah ( Muhammad ) yang sebenarnya kepada mereka tentang kisah kedua putra adam, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka kurban salah seorang dari mereka berdua ( habil ) diterima dari yang lain ( qobil ) tidak diterima. Dia qobil berkata sungguh aku pasti membunuhmu. ( dia / habil ) berkata sesungguhnya Allah hanya menerima amal dari orang yang bertaqwa.
Ayat diatas menceritakan bahwa kedua putra Adam Qobil dan habil, telah sama – sama mempersembahkan qurban kepada Allah. Akan tetapi ternyata tidak semua kurban diterima Allah karena nilai suatu pengurbanan tidak ditentukan oleh harga atau jumlahnya. Pengorbanan dinilai berdasarkan niat dan keikhlasannya yang hanya dimiliki oleh orang – orang bertaqwa.

Sedangkan Perintah berkorban pertamakali pada masa Nabi Ibrahim disimbolkan dengan mengorbankan seekor domba, memiliki nilai – nilai kemanusian yang begitu indah dan agung. Diturunkan oleh  Allah kepada Nabi Ibrahim melalui mimpi yang haq dengan dimulai perintah  untuk menyembelih anaknya, perintah ini sekaligus bentuk ujian kepada Nabi Ibrohim untuk rela mengorbankan anaknya demi mendekatkan diri kepada Allah yang kemudian Allah mengganti kurban tersebut dengan seekor kambing.
Hikmah sosial dari kisah tersebut adalah ….
Ternyata kesedian berkurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrohim bermuara dari kepedulian social artinya kita  harus sadar bahwa perintah kurban bukan hanya suatu bentuk cheromoni tanpa suatu implikasi social yang jelas. Melainkan merupakan suatu usaha yang menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik dari segi ekonomi, social maupun kesehatan.
الله اكبر3  ولله الحمد
Hikmah dari ketaatan Isamail kepada bapaknya menujukkan kewajiban berbakti seorang anak kepada orang tuanya. Karena kita sadari jasa orang tua kepada anaknya sangatlah besar. Wahai orang – orang yang masih punya orang tua hormatilah taatilah perintah orang  tua. Di dalam islam perintah patuh kepada Allah diiringi dengan patuh kepada orang tua. Jarak antara tuhan dengan orang tua sangat dekat. Barang siapa yang berani dengan orang tua sama saja dia berani dengan Allah. Siapa yang menyenangkan hati orang tua sama saja dia menyenakan Allah. Durhaka kepada orang tua sama saja dengan durhaka kepada Allah   
رضى الله في رضى والدين وسحط الله في سحط الوالدين

الله اكبر 3 ولله الحمد
Kaum muslimin keluarga besar SMK Farming yang berbahagia
 Kisah keberhasilan / kesuksesan  Ibrahim dan Ismail dalam menegakkan iman dan  menghadapi cobaan hidup dapat diambil sebuah pelajaran  bahwa dibalik setiap keberhasilan/kesuksesan  diperlukan semangat perjuangan,  pengorbanan dan keikhlasan yang besar dan continuitas tinggi.
الله اكبر 3 ولله الحمد
Khutbah Ke Dua membaca takbir 5 x sesudah bangun dari duduk
الحمد لله رب العالمين.  وبه نستعين على امور الدني والدين. اشهد ان لا اله الاالله وحده لا شريك له الملك المبين. واشهد ان محمدا عبده ورسوله الصادق الوعد الأمين, صلاة وسلاما دائمين متلازمين على اشرف المرسلين, سيدنا محمد وعلى اله واصحابه الطهرين المكرمين.. اما بعد.. فيا اخواني رحمكم الله, اوصيكم واياي بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون. فقال الله تعالى في كتابه الكريم : اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. من يتق الله يجعله مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب. وان الله امركم بدأ بنفسه وثنى بملا ئكته بقدسه وثلث بكم ايها المؤمنون. فقال عز من قاعل كريم : ان الله وملا ئكته يصلون على النبي يا ايها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. اللهم الف بين قلوب المؤمنين. وفرق جمعية الكفر المشركين بعنايتك ورحمتك يا ارحم الراحمين.  اللهم انا نسألك سلامة في الدين وفي الدني والأخرة. ربنا اغفرلناولاخوانناالذين سبقونا بالأيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين امنوا ربنا انك رؤف رحيم. ان الله يأمر بالعدل والأحسان وايتاء ذي القربى وينهى عن الفشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون ولذكرالله اكبر.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kutbah Idul Adha Tahun Pelajaran 2010/2012"

Posting Komentar