Cari Blog Ini

Kutbah Idul Adha Tahun Pelajaran 2013/2014



الله اكبر x 3 ولله الحمد
Di hari yang penuh kebahagian dan berkah ini kita umat islam di sebagian pelosok Dunia khusunya di SMK farming manyatukan niat yaitu beribadah kepada Allah dengan melaksanakan jama'ah sholat sunah Idul Adha disamping itu kita akan berusaha mengambil pelajaran dan hikmah  Idul Adha.
Kaum Muslimin jamaa'h idul Adha yang berbahagia,  
Sholawat serta salam semoga tetap berlimpah kepada beliau junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang sangat kita yakini akan kebanaran risalahnya yaitu ajaran islam.
الله اكبر x 3 ولله الحمد
Kaum muslimin jama'ah Idul Adha yang berbahagia.
Tema qurban kali ini
MENGAMBIL HIKMAH KETELADAN DARI PENGORBANAN KELUARGA NABI IBRAHIM as
Salah satu yang amat kita butuhkan dalam menjalani kehidupan yang  baik adalah keteladanan dari figur-figur yang bisa diteladani. Dengan adanya keteladanan, kita memiliki tolok ukur untuk menilai apakah perjalanan hidup kita sudah baik atau belum. Karena itu, hari ini kita kenang kembali manusia agung yang diutus oleh Allah swt untuk menjadi Nabi dan Rasul, yakni Nabi Ibrahim as beserta keluarga Ismail as dan Siti Hajar. Keagungan pribadinya membuat kita bahkan Nabi Muhammad saw harus mampu mengambil keteladanan darinya, Allah swt berfirman:
قَدْ كَانَتْ لَكُمْ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِى اِبْرَاهِيْمَ وَالَّذِيْنَ مَعَهُ
Sesungguhnya telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia (QS Al Mumtahanah [60]:4).
Dari sekian banyak hal yang harus kita teladani dari Nabi Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia serta mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah Qurban
Kaum muslimin yang berbahagia
Yang pertama Hikmah Pengorbanan Ibrahim Perintah berqurban pertamakali Diturunkan oleh  Allah kepada Nabi Ibrahim melalui mimpi yang haq dengan dimulai perintah  untuk menyembelih anaknya, perintah ini sekaligus bentuk ujian kepada Nabi Ibrohim untuk rela mengorbankan anaknya demi mendekatkan diri kepada Allah yang kemudian Allah mengganti qurban tersebut dengan seekor domba.
Ternyata kesedian berqurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrohim bermuara dari kepedulian sosial artinya kita  harus sadar bahwa perintah qurban bukan hanya suatu bentuk cheremoni tanpa suatu implikasi sosial yang jelas. Melainkan merupakan suatu usaha yang menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik dari segi ekonomi, sosial maupun kesehatan.
الله اكبر3  ولله الحمد

Yang ke 2
Hikmah dari ketaatan Isamail kepada bapaknya menujukkan kewajiban berbakti seorang anak kepada orang tuanya. Karena kita sadari jasa orang tua kepada anaknya sangatlah besar. Wahai orang – orang yang masih punya orang tua hormatilah taatilah perintah orang  tua. Di dalam islam perintah patuh kepada Allah diiringi dengan patuh kepada orang tua. Jarak antara tuhan dengan orang tua sangat dekat. Barang siapa yang berani dengan orang tua sama saja dia berani dengan Allah. Siapa yang menyenangkan hati orang tua sama saja dia menyenakan Allah. Durhaka kepada orang tua sama saja dengan durhaka kepada Allah   
رضى الله في رضى والدين وسحط الله في سحط الوالدين

الله اكبر 3 ولله الحمد

Kaum muslimin keluarga besar SMK Farming yang berbahagia
Yang ke  3 Hikmah Pengorbanan ibunda Ismail Siti Hajar. pengorbanan siti hajar merupakan bagian penting yang tidak bisa dinihilkan. dan seharusnyalah keterlibatan siti hajar menjadi point tersendiri bagi makna pengorbanan itu sendiri. Karena ketika seorang perempuan menjadi ibu maka seluruh hidupnya menjadi peristiwa pengorbanan. Pada saat nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih Ismail Siti Hajarpun membenarkan dan mentaati. Bahwa hal itu adalah perintah dari Allah. Tidak bisa dibayangkan tentunya bagaimana perasaan seorang ibu yang telah mengandung 9 bulan, menyusui selama 2 tahun dan membesarkan anaknya dalam buaian kasih sayang tiba 2 diperintah agar anknya itu disembelih, tak seorang ibu manapun yang merelakan anaknya untuk disembelih jika bisa ditukar dengan nyawanya pastilah seorang ibu dengan senang hati merelakan dirinya agar anaknya tersebut selamat. Namun siti hajar begitu sabar dan patuh menerima perintah Allah sama seperti anak dan suaminya. Jika kisah siti hajar ini tidak terpotong dalam setiap cerita besar mengenai kurban tentunya semua orang akan menangkap peran besar perempuan dalam membentuk sejarah dan perubahan social kearah kebaikan. Dari rahim dan tangan tangan perempuan yang penuh pengorbanan akan lahir jiwa jiwa yang memiliki pengorbanan dan keikhlasan untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik.
الله اكبر 3 ولله الحمد
Khutbah Ke Dua membaca takbir 5 x sesudah bangun dari duduk
الحمد لله رب العالمين.  وبه نستعين على امور الدني والدين. اشهد ان لا اله الاالله وحده لا شريك له الملك المبين. واشهد ان محمدا عبده ورسوله الصادق الوعد الأمين, صلاة وسلاما دائمين متلازمين على اشرف المرسلين, سيدنا محمد وعلى اله واصحابه الطهرين المكرمين.. اما بعد.. فيا اخواني رحمكم الله, اوصيكم واياي بتقوى الله وطاعته لعلكم تفلحون. فقال الله تعالى في كتابه الكريم : اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. من يتق الله يجعله مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب. وان الله امركم بدأ بنفسه وثنى بملا ئكته بقدسه وثلث بكم ايها المؤمنون. فقال عز من قاعل كريم : ان الله وملا ئكته يصلون على النبي يا ايها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. اللهم الف بين قلوب المؤمنين. وفرق جمعية الكفر المشركين بعنايتك ورحمتك يا ارحم الراحمين.  اللهم انا نسألك سلامة في الدين وفي الدني والأخرة. ربنا اغفرلناولاخوانناالذين سبقونا بالأيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين امنوا ربنا انك رؤف رحيم. ان الله يأمر بالعدل والأحسان وايتاء ذي القربى وينهى عن الفشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون ولذكرالله اكبر.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kutbah Idul Adha Tahun Pelajaran 2013/2014"

Posting Komentar